Monday, April 16, 2012

Bersedekah dalam kehidupan ini

Bersedekah dalam kehidupan ini merupakan hal yang luar biasa bagi orang-orang yang mempunyai harta lebih untuk diberikan kepada sesama/orang lain. Karena itu membawa banyak berkah dan manfaat bagi kehidupan ini. Banyak hal yang dapat disedekahkan kepada orang lain tergantung kebutuhan yang pada saat itu dibutuhkan. Mulai dari bersedekah melalui tenaga, harta, ilmu, bahkan postingan sahabat blogger dapat juga dikategorikan bersedakah.
Jika kita berbicara tentang bersedekah, maka tidaklah jauh-jauh dengan kata “Ikhlas”. Terkadang dalam bersedekah sebagian besar orang berpedoman pada kata-kata tersebut yang justru membuat sedekah itu tidak ikhlas. Karena ikhlas itu dalam hati, bukan dari mulut yang penuh kebohongan ini.
Hubungan dengan judul diatas yaitu, sebagian besar orang yang kikir ketika bersedekah selalu bilang :
“Meskipun Sedikit Yang Penting Ikhlas”.
Menanggapi hal yang demikian, orang bijak memberikan 2 pilihan pertanyaan  tentang hal itu.
“Lebih baik mana sedikit dan tidak bermanfaat, tapi Ikhlas”
atau
“ Lebih baik Banyak dan Bermanfaat, tapi tidak Ikhlas???”
Ikhlas dan tidaknya seseorang itu berhubungan langsung dengan Tuhan, namun Bermanfaat dan Tidaknya itu berhubungan dengan sesama. Jika kita berpikir secara logika, misal bersedekah berbentuk uang. Pilih mana uang Rp 100,- pemberian dengan ikhlas, dengan uang Rp 1 Juta tapi tidak ihklas??? Silahkan direnungkan.
Kawanku yang budiman, postingan ini bukanlah bermaksud untuk meng-Intimidasi seseorang / mencela, mengejek, memojokkan atau lain-lain. Namun semua ini lebih kepada diri pribadi. Alangkah baiknya jika Pertayaan-pertanyaan diatas diPertanyakan kepada diri sendiri ketika kita punya kelebihan dalam hal apapun untuk disedekahkan.
Mudah-Mudahan kita bukan termasuk orang yang kikir dan mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang tidak peritungan ketika bersedekah. Karena bersedekah tidak akan mengurangi, bahkan akan menambah berlipat ganda apa yang telah kita sedekahkan.
Mudah-mudahan bermanfaat….!!!!

0 comments:

Post a Comment