Sunday, April 8, 2012

SEO vs Social Bookmark

Dalam pembelajaran saya di dunia blogging, saya melihat ada 2 komponen yang cukup banyak dibicarakan para blogger ternama maupun yang baru, yaitu SEO dan Social Bookmark. Saya sering bertanya (sendiri dan jawab sendiri, hehehe..), Apa sich perbedaan antara SEO dan Social Bookmark? Atau itu adalah 2 hal yang sama? Inilah jawaban saya (pribadi) yang coba saya sampaikan :
SEO dan Social Bookmark adalah dua hal yang Berbeda, tapi Social Bookmark dapat dijadikan salah satu “komponen penting” yang dapat membantu strategi SEO, jika dilakukan dengan benar dan tepat.
SEO :
Merupakan singkatan dari Search Engine Optimisation, yang pengertian sederhananya adalah Sebuah proses meng-optimalkan situs Anda agar semudah mungkin ditemukan oleh Search Engine. Saya telah menulis beberapa posting yang menjelaskan tentang kaitan antara SEO dan Search Engine – silahkan baca disini.
Jika situs Anda sudah terindeks oleh Search Engine, maka jika ada yang mencari “sesuatu” melalui Search Engine dan “sesuatu” tersebut ada dalam situs Anda, maka situs Anda akan muncul dalam halaman pencarian tersebut (tapi gak tahu ya ada di halaman keberapa).
Social Bookmark :
Social Bookmark adalah proses memperkenalkan situs Anda melalui berbagai situs Social Bookmark (Jaringan Sosial) yang ada. Antara lain Facebook, Twitter, Digg, Mashable dan puluhan atau ratusan lainnya
.
Idenya adalah untuk meningkatkan popularitas situs Anda kepada member di jaringan sosial yang dituju melalui artikel yang baik. Jika member tersebut menemukan artikel yang mereka butuhkan, maka otomatis mereka akan mengunjungi situs Anda untuk membacanya dan kemungkinan besar akan melihat-lihat artikel lainnya.
Jika mereka masuk ke situs Anda, ini jelas akan menguntungkan efektifitas SEO situs Anda karena Search Engine akan melihatnya sebagai sebuah Inbound Link. Dan inbound link ke situs Anda adalah salah satu kriteria yang disukai Search Engine, karena Inbound Link bisa mengindikasikan situs tersebut memiliki informasi yang berharga.
Itulah Opini saya tentang SEO vs Social Bookmark. Atau Anda punya Opini lain yang bisa menambah wawasan kita bersama? Sharing di kolom komentar ya.
Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment