Sunday, April 8, 2012

Earning Adsense Berbanding Lurus dengan Traffic Blog?

Google Adsense

Google Adsense adalah program pay per click (PPC) dari Google yang terbuka bagi pemilik web atau blog. Banyak Webmaster dan Blogger yang mengandalkan Adsense sebagai penghasil dollar, Bahkan beberapa blogger malah menjadikan Adsense sebagai pekerjaan utama apalagi untuk full time blogger.
Saya sendiri baru menggeluti Adsense sejak akhir tahun 2010 lalu, namun baru 2 kali menerima pembayaran dari Adsense lewat Western Union dikantor Pos. Pembayaran pertama saya terima dibulan juli 2011 setelah 7 bulan mengumpulkan recehan dollar sehingga terkumpul sekitar $225. Untuk payment sengaja saya hold agar terkumpul kebih banyak dollar meskipun sebenarnya Adsense bisa cair minimal 100 dolar.
Pembayaran ke 2 masih dikantor Pos lewat jasa Western Union yang saya terima dibulan November 2011, 4 bulan setelah menerima pembayaran pertama sebessar $293. Lumayan lebih besar dan lebih cepat dari pada pembayaran pertama.
Pendapatan Adsense
Nah kalau dilihat dari grafiknya ternyata ada kenaikan beberapa persen yang mengakibatkan pendapatan naik. Kenaikan pendapatan Adsense itu berbanding lurus dengan traffic dan penempatan iklan Adsense di blog.
Jadi kalau mau naikin earning Adsense, hal pertama kita harus fokus untuk optimasi blog agar traffic naik. Pelajari SEO= Search Engine Optimization, khususnya traffic reguler yang datang dari Google. Mengapa begitu? Karena Google lebih percaya dan lebih senang klik iklan yang datang dari Search engine dari pada klik dari visitor yang datang langsung ke blog tanpa lewat SE. Kemudian penting juga mencoba metode SMO – Social media optimization karena sekarang jamannya situs jejaring social seperti facebook dan twitter yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung ke blog.
Setelah traffic blog naik – idealnya diatas 1000 visitor perhari – baru fokus ke penempatan, warna, dan ukuran iklan Adsense agar tercapai hasil yang maksimal. Ohya satu lagi, kalau bisa buatlah blog niche bahasa inggris sebab nilai kliknya akan berbeda dengan blog yang berbahasa Indonesia lalu gunakan kata kunci dengan bayaran tinggi -HPK.
Tapi bagi yang hanya punya blog bahasa Indonesia jangan berkecil hati tetap fokus  update artikel karena menurut info resmi di akun twitter resmi Adsense Indonesia IDadsense, bahwa sebentar lagi GA akan support bahasa Indonesia. Jadi ga perlu kawatir dan was-was pasang iklan Adsense di blog bahasa Indonesia.
Satu lagi buatlah artikel original yang unik karena itu wajib, sebab membuat artikel original termasuk dalam TOS Adsense. Jangan sampai Anda memasang Adsense di blog yang banyak Copy pastenya bisa-bisa blog didisable tidak bisa menampilkan Adsense lagi dan yang lebih parah di Banned karena sudah melanggar aturan Google Adsense.
Semoga saja tahun 2012 nanti keadaan bisnis online dari blog akan lebih baik lagi, tetap semangat.

0 comments:

Post a Comment